Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022

Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022 - Daftar blog di google adsense dengan mudah,agar dapat mengaktifkan akun adsense, akan saya bahas ditulisan saya pada artikel kali ini yang akan saya rangkum sedemikian rupa untuk dapat sobat bisa mempelajari lalu menerapkan diblog sobatku masing-masing tentunya.
Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022 - Daftar blog di google adsense dengan mudah,agar dapat mengaktifkan akun adsense, akan saya bahas ditulisan saya pada artikel kali ini yang akan saya rangkum sedemikian rupa untuk dapat sobat bisa mempelajari lalu menerapkan diblog sobatku masing-masing tentunya
Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022
Untuk daftar blog di google adsense 2022 terkadang masih banyak para sobat tentunya belum mengetahui bagaimana langkah-langkah untuk daftarkan blog ke google adsense, agar ketika para sobat pemula nantinya ketika diapproved (disetujui) adsense untuk menayangkan iklan adsense, maka hal ini akan berdampak baik bagi perkembangan dalam membangun sebuah blog dengan adanya tulisan ide kreatif para sobat diblog untuk dibagikan kepada orang-orang yang mencari informasi dari mesin pencarian google.

Namun sebelum ketopik pembahasan ditulisan saya pada artikel kali ini, alangkah sebaiknya sobat terlebih dahulu mempelajari dan mengetahui apa itu google adsense, beserta fungsi google adsense untuk blog dan bagaimana persyaratan supaya blog dapat diapproved (disetujui) untuk menampilkan iklan adsense lalu menghasilkan penghasilan memadai dari blog di akun google adsense milik sobat tersebut, jadi untuk sobat-sobatku semuanya, yuk terlebih dahulu membaca sampai habis yang akan saya jelaskan dibawah berikut.

Apa Itu Google AdSense ?

Jadi, google adsense merupakan media layanan internet untuk layanan periklanan terbesar didunia dan dimiliki oleh google itu sendiri, dan juga bahwa google adsense untuk publisher sudah lebih dari 2 juta publisher bergabung dalam menayangkan iklan adsense, dan ketiga flatform iklan adsense tampil yaitu situs / blog,google admob ( iklan adsense di mobile ),youtube, jadi tidak heran kalau google adsense untuk iklan yang ditampilkan relatif dan responsive bagi para pengguna yang sedang melihatnya, baik diblog atau situs maupun youtube dan juga iklan adsense di perangkat mobile.

Nah, seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, Google AdSense adalah program periklanan besutan Google,layanan periklanan ini memiliki basis CPC atau Cost Per Click dan memungkinkan pemilik situs atau website untuk memperoleh penghasilan melalui iklan yang terpasang pada situs mereka. 

Sejak pertama kali diluncurkan, banyak pemilik situs yang langsung mendaftarkan situsnya dan menjadi publisher dari layanan Google AdSense ini,hal ini terbukti sampai saat ini telah ada sebanyak lebih dari 2 juta publisher Google AdSense dan tersebar di seluruh dunia serta terus meningkat setiap tahunnya.

Layanan dari Google AdSense menampilkan iklan di sebuah situs dengan bentuk teks, gambar, maupun video yang nantinya akan ditunjukkan kepada pengunjung situs. Iklan yang ditampilkan kepada pengunjung situs pun disesuaikan dengan minat.

Sejarah Kemunculan Google AdSense

Kehadiran Google AdSense berawal saat Google mengakuisisi Pyra Labs, sebuah perusahaan yang menjadi cikal bakal munculnya Blogger, pada Februari 2003,satu bulan berselang, melalui CEO dan Chairman Google kala itu diumumkan tentang layanan periklanan yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut dan diberi nama Google AdSense. 

Guna menyempurnakan layanan periklanannya, Google melakukan akuisisi sebuah teknologi melalui Applied Semantics,dari proses akuisisi tersebut, Google mampu mengoptimalkan kinerja dari layanan AdSense dengan jauh lebih baik lagi.

Semenjak diluncurkan pertama kali, Google AdSense hanya tersedia bagi konten atau situs berbahasa Inggris serta sejumlah bahasa lain di wilayah Eropa, Asia Timur & Thailand, serta Timur Tengah,seiring berjalannya waktu, lebih tepatnya pada awal Februari 2012, Google AdSense terus menambah bahasa yang didukung pada layanan periklanan tersebut, tak terkecuali Bahasa Indonesia.

Hingga saat ini, Google AdSense mempunyai dua jenis akun yang bisa digunakan oleh para publisher. 
  • AdSense Hosted yang bisa digunakan untuk platform seperti Youtube.
  • AdSense Non-Hosted yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik situs atau website. 

Cara Kerja Google AdSense

Cara kerja Google AdSense pada dasarnya tidaklah rumit, malah gampang dipahami oleh orang awam sekalipun. Sesuai namanya, layanan periklanan ini membayar ke pihak pemilik situs atau pembuat konten di Youtube setiap kali ada tindakan membuka atau klik terhadap iklan oleh pengunjung atau penonton. 

Dalam kata lain, semakin banyak pengunjung yang membuka atau mengeklik iklan yang terpasang pada situsmu, artinya pendapatan dari Google AdSense akan menjadi lebih tinggi lagi,akan tetapi, untuk bisa melakukan hal tersebut, sobatku harus menguasai dulu cara membuat konten di situs sesuai dengan SEO atau Search Engine Optimization. 

Agar lebih mudah memahaminya, simak Cara Kerja Google AdSense berikut ini ya sobatku semuanya. 

Terdapat Ruang Iklan pada Situs

Agar situs mampu mendapatkan iklan dari layanan Google AdSense, sobatku semuanya harus menyediakan dulu ruang untuk meletakkan iklan tersebut, biasanya, peletakan iklan dari layanan ini berada di bagian header, tengah artikel, sidebar, dan juga footer. 

Untuk bisa memasangnya, para sobat-sobat semuanya hanya perlu menempelkan kode iklan berupa script di bagian yang telah ditentukan. Nantinya, secara otomatis iklan akan muncul di bagian tersebut dengan menyesuaikan minat dan histori penjelajahan internet dari pengunjung situs.

Iklan dengan Biaya Paling Mahal Menjadi Prioritas

Perlu dipahami jika pemasang iklan pada layanan Google AdSense ini sangat banyak,selain itu, jumlah pengunjung dari sebuah situs juga bervariasi dengan jenis konten yang beragam pula. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, pihak Google AdSense biasanya akan memunculkan terlebih dahulu iklan yang memiliki harga paling tinggi.

Baru iklan dengan harga lebih rendah akan dimunculkan secara bergantian di ruang iklan sebuah situs. Gampangnya, iklan dengan biaya paling mahal akan menjadi prioritas untuk ditunjukkan kepada pengunjung situs terlebih dahulu sehingga lebih berpotensi dilihat oleh audiens.

Pendapatan Tergantung dari Banyaknya Iklan Dibuka dan Persaingan Bid

Perlu diingatkan kembali, pendapatan dari Google AdSense hanya akan diberikan saat iklan diklik atau dibuka oleh pengunjung. Artinya, jika iklan hanya dilihat, pemilik situs tidak akan mendapatkan penghasilan dari layanan periklanan tersebut. Penghasilan yang didapat dari iklan yang diklik oleh pengunjung pun beragam, tergantung jenis produk serta persaingan bid atau penawaran yang dilakukan oleh para pengiklannya. 

Walaupun begitu, ada beberapa layanan yang bersedia memberikan bayaran saat iklan hanya dilihat saja oleh pengunjung. Akan tetapi, pendapatan dari jenis iklan tersebut tentu relatif lebih rendah.

Panduan Memanfaatkan Layanan Google AdSense Khusus Pemula

Sebelum memutuskan untuk mendaftar layanan periklanan dari Google AdSense, sobat harus lebih dulu memahami bahwa tidak semua situs atau website bisa memanfaatkan layanan tersebut. Ada beberapa syarat yang harus lebih dulu dipenuhi oleh pemilik situs, salah satu contohnya jumlah traffic pengunjung tiap harinya. 

Biasanya, saat pengajuan layanan iklan Google AdSense ditolak, sobat bisa mengetahui alasannya dan berusaha untuk memenuhinya sebelum mencoba untuk mengajukan kembali. Berikut adalah panduan memanfaatkan layanan Google AdSense khusus untuk pemula.

Ketahui Beda Tayangan dan Klik

Cara kerja Google AdSense adalah menampilkan iklan di sebuah situs, lalu penghasilan yang didapatkan berdasarkan jumlah klik pada iklan tersebut. Jadi, jika iklan dari layanan ini hanya dilihat oleh pengunjung dan tidak ada aktivitas lanjutan seperti mengeklik atau membuka iklan, maka pemilik situs tidak bisa mendapatkan bayaran.

Hal ini juga memunculkan aturan bahwa pemilik situs tidak boleh mengeklik iklannya sendiri, termasuk menyuruh orang lain untuk melakukannya. Peletakan iklan yang membuat pengunjung terjebak untuk mengeklik iklan juga dilarang. Jika sampai melanggar, tentu akan konsekuensi yang harus siap ditanggung oleh pemilik situs.

Pengimplementasian Iklan

Saat sudah menjadi publisher, pastikan untuk bisa menayangkan iklan pada situs,caranya mudah saja, yaitu memasang kode dari iklan Google AdSense di ruang yang telah disiapkan pada situs,namun, dalam pengimplementasiannya, iklan tidak boleh bersifat pop up atau muncul secara tiba-tiba, maupun format lainnya yang mampu merugikan pengiklan atau pengunjung. 

Alasan Akun Google AdSense Bisa Dinonaktifkan

Jika pemilik situs terbukti melanggar ketentuan pada pedoman Google AdSense, siap-siap untuk mendapatkan konsekuensinya,biasanya, kalau sudah dalam taraf merugikan atau semacamnya, hak untuk memanfaatkan Google AdSense dan mendapatkan penghasilan dari layanan tersebut bisa dicabut atau dinonaktifkan.

Nah, itulah untuk penjelasan saya ditulisan saya diartikel kali ini mengenai apa itu google adsense dan cara kerja adsense beserta hal lain, yang dapat sobat baca lalu pelajari dan nantinya akan mengetahui untuk bisa kedepan, supaya mempermudah sobat untuk menerapkan diblog sobat tersebut dengan mudah tentunya.

Oke, lanjut yuk sobat, ketahap pada pembahasan saya ditulisan artikel kali ini yaitu Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022, beserta langkah-langkah dan juga gambar maupun keterangannya, bertujuan supaya sobatku semuanya bisa dengan mudah mempelajari dan memahaminya, unuk itu yuk disimak baik-baik yah sobatku.

Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022

Untuk daftar blog atau situs ke google adsense 2022, sobat bisa melihat dan membaca yang akan saya jelaskan dengan langkah-langkahnya,sebagai berikut.

Langkah-Langkah

I. Proses Pendaftaran Blog / Situs Dari Blogger

Nah, dibagian ini, saya terlebih dahulu akan memberikan langkah-langkah untuk proses pendaftaran blog atau situs dari flatform blogspot.
1. Pertama-tama untuk sobatku, terlebih dahulu login menggunakan akun google milik sobat tersebut.
2. Masuk kedashboard blogger sobat.
3. Tepat dibagian dari dashboard blogger sobat tersebut, pilih nama menunya Penghasilan atau Earnings dan akan terlihat untuk Menautkan Blog ke AdSense.
4. Setelah itu, sobat akan masuk kebagian tab daftar blogSign UP di google adsense, dan perhatikan seperti tampak gambar dibawah beserta keterangannya ya sobatku semuanya.
Proses Pendaftaran Blog / Situs Di Google AdSense
Proses Pendaftaran Blog / Situs Di Google AdSense
Keterangan :
  1. Seperti tampak gambar diatas ini, jika sobat daftar langsung dari flatform blogspot, maka secara otomatis akan langsung dipakai untuk proses daftar blog atau situs ke google adsense.
  2. Nah, untuk sobatku semuanya, pilih Ya saja sobat.
  3. Dibagian kolom Negara, sesuaikan dengan alamat KTP sobat dinegara mana sobat tinggal, contohnya saja, jika sobat dari indonesia, pilih negara indonesia.
  4. Beri tanda ceklis, bahwa sobat sudah membaca dan menyetujui perjanjian di google adsense ya sobat-sobatku semuanya.
  5. Langkah terakhir, pilih Mulai gunakan AdSense.
Nah, ditahap ini, sobat sudah berhasil untuk daftarkan blog atau situs ke google adsense langsung dari blogspot.

II. Proses Pendaftaran Blog / Situs Dari Situs Resmi Google AdSense

Jadi, untuk sobat-sobatku semuanya, ditahap ini akan dijelaskan bagaimana cara daftar blog langsung dari situs remsi google adsense dengan mudah, untuk itu sobatku, yuk dibaca dan simak baik-baik ya sobat, agar mudah nanti mempelajari dan menerapkan diblognya sobat tersebut.

Langkah-Langkah

1. Pertama-tama, sobat terlebih dahulu login menggunakan akun google milik sobat tersebut.
2. Di browser Google Chrome, buka tab baru dan pada bagian kotak penelusuran google, sobat ketikkan saja kata kuncinya yaitu Google AdSense, atau sobat dapat mengunjungi situs resminya di link (tautan) pada laman berikut : https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/
3. Tepat di halaman utama situs google adsense, sobat pilih Mulai.
4. Nah, untuk tahap dipoint ke - 4, perhatikan tampak seperti gambar dibawah ini beserta keterangannya, sebagai berikut.
Sign Up Google AdSense
Sign Up Google AdSense
Keterangan :
  1. Your Website : Sobat isi kolom tersebut dengan alamat URL situs atau alamat URL blog sobat.
  2. Your Email Address : Sobat pakai saja alamat email akun google sobat yang ingin dipakai untuk pendaftaran blog atau situs ke google adsense.
  3. Saya merekomendasikan untuk sobat pilih YES saja.
  4. Lanjut tahap terakhir, Sobat pilih Save And Continue.
5. Selesai.
Nah, untuk tahap ini, sobat sudah berhasil mendaftarkan blog atau situs ke google adsense, baik dari proses pendaftaran melalui flatform blogspot maupun daftar blog atau situs di google adsense langsung dari situs resminya google adsense,jadi bagaimana untuk tahap ini sobatku ? ternyata cukup mudah bukan, yuk selanjutnya mari kita lanjut kembali ke tahap berikutnya yaitu bagaimana cara untuk mengisi informasi alamat pembayaran di akun google adsense dengan benar, akan saya berikan gambar beserta keterangannya, bertujuan supaya sobat mudah untuk mempelajari dan menerapkan diblog atau situs sobat dengan mudah, yuk dibaca dan disimak baik-baik ya sobatku, sebagai berikut.

III. Mengisi Alamat Pembayaran Dan Data Diri Di Akun Google AdSense

Hal ketika sobat sudah berhasil membuat akun google adsense dan berhasil daftarkan blog atau situs di akun google adsense, sobat juga harus wajib untuk mengisi info pelanggan dengan mengisi alamat pembayaran dan data diri di akun google adsense milik sobat tersebut, dan bertujuan nantinya ketika sudah diapproved (disetujui) untuk menampilkan iklan adsense, lalu mulai menghasilkan penghasilan memadai dari blog di akun google adsense, selanjutnya sobat akan dikirimkan berupa kode PIN untuk verifikasi data diri ke alamat sobat yang sudah dibuatkan di akun google adsense.

1. Nah untuk sobatku, yuk diperhatikan seperti tampak gambar dibawah beserta keterangannya, agar sobat dapat dengan mudah untuk mempelajari lalu memahami dan cara yang benar mengisi alamat pembayaran di akun google adsense.
Mengisi Alamat Pembayaran Dan Data Diri Di Akun Google AdSense
Mengisi Alamat Pembayaran Dan Data Diri Di Akun Google AdSense
Keterangan :
  1. Tepat dibagian Informasi pelanggan yaitu Info Pelanggan, nah untuk bagian Jenis akun, sobat jika memang personal atau sendiri saja tanpa perusahaan, maka sobat pilih Perorangan saja.
  2. Nama dan alamat : nah dikolom tersebut, sobat masukkan nama sobat beserta alamat dan kota beserta provinsi dan kode pos, lalu isi juga nomor ponsel aktif sobat, sesuaikan data diri dialamat pembayaran sobat dengan memakai data diri sesuai di KTP sobat tersebut.
  3. Selanjutnya, jika sudah sobat isi sesuai dengan point ke -1 dan ke -2, terakhir sobat pilih Kirim.
Jadi, untuk para sobat-sobat sekalian, sampai ditahap ini, sobat sudah berhasil untuk mengisi data diri sobat di alamat pembayaran dengan mengikuti seperti apa yang sudah saya jelaskan ditulisan saya pada artikel kali ini dengan mudah.

IV. Memverifikasi Nomor Ponsel Aktif Di Akun Google AdSense

Bagi para sobatku semuanya, ketika sudah mengisi alamat pembayaran seperti yang sudah saya jelaskan dibeberapa point beserta gambar diatas, maka selanjutnya sobat juga harus wajib untuk memasukkan nomor ponsel aktif sobat di akun google adsense, dan menerima kode verifikasi 6 digit dari google yang nantinya bahwa nomor ponsel sobat aktif.

Langkah-Langkah

1. Oh iya sobatku, perhatikan seperti tampak pada gambar dibawah ini beserta keterangannya, untuk memasukkan nomor ponsel aktif dan memverifikasi nomor ponsel aktif sobat di akun google adsense milik sobat dengan mudah.
Memverifikasi Nomor Ponsel Aktif Di Akun Google AdSense
Memverifikasi Nomor Ponsel Aktif Di Akun Google AdSense
Keterangan :
  1. Nomor telepon : jadi sobatku, sebelum memasukkan nomor telepon, alangkah sebaiknya sobat memakai kode negara untuk nomor telepon, contohnya jika sobat dari negara indonesia, maka tinggalnya sobat pakai diawalannya seperti ini : +628123456789 begitulah kira-kira sobat.
  2. Jadi, untuk menerima kode verifikasi ada 2 yang bisa sobat coba dan pakai, yaitu melalui pesan teks (SMS) dan juga panggilan suara, sobat pilih salah satunya saja yang menurut sobat lebih mudah menerima kode verifikasi dari google.
  3. Terakhir, sobat masukkan kode verifikasi dari google dan pilih Kirim.
2. Selesai.
Nah, untuk sobatku, sampai disini, sobat sudah berhasil untuk memasukkan nomor telepon aktif sobat beserta melakukan verifikasi nomor telepon aktif sobat di akun google adsense dengan mudah, yuk sobat, mari ikuti selanjutnya tahap atau langkah selanjutnya ada dibawah ini sobatku semuanya.

V. Menambahkan Situs / Blog Di Akun Google AdSense

Nah, untuk tahap selanjutnya, ialah bagaimana cara menambahkan situs atau blog ke google adsense dengan mudah, jadi untuk sobat dapat membaca dan mempelajari seperti apa yang akan saya tuliskan diartikel kali ini, saya berikan gambar beserta keterangannya, bertujuan mempermudah para sobat-sobat dalam perihal penerapannya dilangkah-langkah kali ini, sebagai berikut.

Langkah-Langkah

1. Ketika sobat sudah berhasil untuk menerapkan seperti yang sudah saya jelaskan ditulisan saya diartikel kali ini yang ada dipoint-point diatas tersebut untuk daftarkan blog atau situs ke google adsense, maka selanjutnya sobat harus menghubungkan situs atau blog ke akun google adsense.
2. Nah, untuk sobatku semuanya, selanjutnya tepat diakun google adsense sobat tersebut, maka sobat pilih saja dibagian dashboard adsense yakni Situs.
3. Tepat dibagian Situs, sobat pilih Tambahkan Situs.
4. Masukkan alamat URL situs / alamat URL blog yang ingin sobat daftarkan ke google adsense.
5. Lalu sobat pilih hubungkan situs ke akun google adsense milik sobat tersebut.
Sampai pada tahap ini sobat sudah berhasil menambahkan situs atau blog ke akun google adsense milik sobat dan selesai.

VI. Menghubungkan Situs / Blog Ke Akun Google AdSense

Nah, untuk tahap ini akan saya tuliskan ditulisan saya pada artikel kali ini yakni bagaimna cara untuk menghubungkan situs atau blog ke google adsense dengan mudah, jadi para sobatku, silahkan dibaca sampai habis dan simak baik-baik yah, agar nantinya dapat mudah untuk sobat terapkan diblog atau situs sobat tersebut dengan mudah.

Langkah-Langkah

1. Ketika sobat sudah berhasil daftarkan blog atau situs maupun sudah menambahkan blog / situs di akun google adsense milik sobat tersebut, hal selanjutnya sobat lakukan harus menghubungkan situs atau blog di akun google adsense milik sobat tersebut.
2. Selanjutnya, untuk sobatku semuanya, pilih Iklan >> Ringkasan.
3. Lalu perhatikan seperti tampak gambar dibawah beserta keterangannya ya sobat, bertujuan untuk agar sobat tidak kebingungan dalam perihal penerapan untuk menghubungkan situs atau blog di akun google adsense.
Proses mendapatkan kode iklan adsense untuk ditempelkan di blog / situs pada akun google adsense
Proses mendapatkan kode iklan adsense untuk ditempelkan di blog / situs pada akun google adsense
Keterangan :
  1. Pilih Situs >> Ringkasan.
  2. Selanjutnya, sobat pilih Dapatkan Kode.
4. Ketika sobat sudah mendapatkan kode iklan adsense, nah saya menyarankan kepada sobat sekalian, agar menempelkan sementara iklan adsense di Notepad.
5. Berikutnya, sobat login ke blogger milik sobat tersebut.
6. Nah, tadi sobat sudah salin dan tempelkan kode iklan adsense di Notepad, selanjutnya sobat salin kembali iklan adsense yang ada di Notepad, dan masuk ke halaman dashboard blogger milik sobat tentunya.
7. Tepat dibagian dashboard blogger milik sobat tersebut, sobat pilih Menu Theme ( Tema ).
8. Pilih Edit HTML.
9. Nah, kode iklan adsense yang tadi salin dari Notepad, selanjutnya tempelkan tepat kode tag setelah kode <head > di Edit HTML pada blognya sobat sekalian.
10. Terakhir, pilih Simpan / Save.

Sampai di tahap ini, sobat sudah berhasil untuk menghubungkan blog atau situs di akun google adsense dengan mudah, jadi bagaimana untuk tahap ini sobat-sobatku semuanya ? ternyata cukup mudah bukan, jadi itulah untuk cara dan langkah-langkah menghubungkan situs / blog ke google adsense dari tulisan saya diartikel bermanfaat pada blog sederhana milik saya ini tentunya.

Demikianlah tulisan saya diartikel kali ini yang dapat saya bagikan pada hari ini mengenai topik pembahasan saya yaitu Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022, semoga dengan adanya tulisan artikel bermanfaat dari saya di blog sederhan ini kepada para sobat-sobat dimanapun berada, agar nantinya bisa mempermudah sobat untuk daftarkan blog dan menghubungkan blog ke akun google adsense, lalu diapproved adsense ya sobatku, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan, sekian dan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mendaftarkan Blog Di Google AdSense 2022"