Cara Daftar Blog Di Google Tag Manager

Daftar isi [Tampil]
Halo, dikesempatan kali ini, saya membahas Cara Daftar Blog Di Google Tag Manager agar sobat dapat daftar blog di google tag manager dengan mudah, yang akan saya rangkumkan sedemikian rupa ditulisan saya pada artikel kali ini, maka untuk itu, sobat baca dan simak baik-baik yah, sebagai berikut. Nah sobat, dibawah ini saya akan menjelaskan istilah-istilah yang terlebih dahulu sobat pelajari dan pahami, agar mengetahui apa kegunaan dari google tag manager di blog atau situs sobat
Halo, dikesempatan kali ini, saya membahas Cara Daftar Blog Di Google Tag Manager agar sobat dapat daftar blog di google tag manager dengan mudah, yang akan saya rangkumkan sedemikian rupa ditulisan saya pada artikel kali ini, maka untuk itu, sobat baca dan simak baik-baik yah, sebagai berikut.

Nah sobat, dibawah ini saya akan menjelaskan istilah-istilah yang terlebih dahulu sobat pelajari dan pahami, agar mengetahui apa kegunaan dari google tag manager di blog atau situs sobat.

Istilah Penting Google Tag Manager :
Istilah Penting Google Tag Manager
Sebelum ke topik pembahasan saya diartikel kali ini mengenai yaitu Cara Daftar Blog Di Google Tag Manager, ada baiknya mengetahui istilah-istilah penting yang akan selalu sobat temui saat menggunakannya. Apa saja?

1. Google Tag Manager Account
Tentu saja, sobat harus memiliki akun untuk menggunakan Google Tag Manager, sangat disarankan untuk menggunakan satu akun untuk satu blog, tujuannya, untuk memudahkan upaya menjalankan tag.

2. Container
Container adalah tempat untuk menyimpan satu atau lebih tag secara bersamaan. dan, setiap akun Google Tag Manager bisa memiliki beberapa container.

Setelah membuat akun, sobat bisa membuat container yang diperlukan. Jenis container yang tersedia ada beberapa macam: web, AMP, iOS, dan Android app.

3. Tag
Seperti disebutkan di atas, tag adalah script yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari pengunjung di blognya sobat. tidak berhenti disitu, data tersebut akan dikirimkan ke pihak ketiga, salah satunya ke Google Analytics.

4. Trigger
Setiap tag akan memiliki setidaknya satu trigger yang akan memintanya melakukan sesuatu secara spesifik.

Sebagai contoh, sobat bisa mengatur agar tag mulai bekerja setelah pengunjung melakukan klik ke salah satu link yang ada di blognya sobat.

5. Variable
Variable adalah sebuah parameter dinamis yang menentukan kapan trigger harus aktif. Dengan menggunakan variable, sobat bisa membuat tag dan trigger bekerja berulang kali pada beberapa tugas yang spesifik.

Contohnya : ketika pengunjung menambahkan item ke dalam keranjang belanja toko online sobat.

6. Event
Event adalah interaksi yang terjadi di halaman blognya sobat.

Event sering digunakan untuk mengaktifkan trigger sehingga tag tertentu mulai bekerja. contohnya, interaksi ketika pengunjung melakukan klik salah satu link, akan membuat Google Analytics Event Tag berjalan.

7. Data Layer
Sebuah data layer adalah variabel atau objek JavaScript yang menyimpan informasi dan mengirimkannya ke Google Tag Manager. lalu, melanjutkannya ke Google Analytics.

Perbedaan Antara Google Tag Manager Dan Google Analytics :
Perbedaan Antara Google Tag Manager Dan Google Analytics
Sebenarnya, masih banyak istilah lain. namun, tujuh istilah utama di atas saya rasa sudah cukup untuk memahami penggunaan tool ini ya sobatku, jadi dibawah ini akan saya berikan tahap-tahap dengan langkah-langkah yang dapat sobat ikuti dan praktekkan diblog sobat dengan mudah, karena saya akan menjelaskan dengan memberikan gambar dan juga keterangannya, agar sobat bisa paham untuk menerapkan di blog sobat, sebagai berikut.

Cara Daftar Blog Di Google Tag Manager :
Dibagian berikut ini merupakan langkah-langkah untuk daftarkan blog di google tag manager beserta cara verifikasi google tag manager di google search console, yang dapat sobat ikuti dan pelajari dengan mudah, sebagai berikut.

Langkah-Langkah Daftar Blog Di Google Tag Manager :
1. Pertama sekali sobat login menggunakan akun google sobat tersebut
2. Di Google Chrome Ketikkan kata kunci Google Tag Manager atau masuk melalui tautan link berikut ini : https://tagmanager.google.com

I. Membuat Akun Baru Di Google Tag Manager :
Perhatikan sobatku, untuk gambar dibawah ini beserta keterangannya, agar lebih mudah sobat menerapkan diblog sobat dengan mudah, sebagai berikut.
Membuat Akun Baru Di Google Tag Manager
Keterangan :
Pada bagian Pengelolan Tag:
1. Sobat pilih Admin
2. Tambahkan akun baru >> pembuatan akun :
  • Nama akun : isi nama akun sesuai dengan keinginan sobat tentunya
  • Negara : pilih negara yang ingin sobat pakai
3.  Penyiapan Penampung
  • Nama penampung : isi alamat URL situs / blog sobat dibagian tersebut
  • Platform target : karena sobat hanya ingin memasang blog atau situs, maka sobat pilih Web saja
4. Setelah sobat mengisi semuanya, tinggal pilih Kirim

Untuk sobatku, di tahap ini sobat sudah berhasil membuat akun baru untuk blog di google tag manager, selanjutnya, untuk menghubungkan blog ke google tag manager, akan saya jelaskan dengan gambar dan keterangannya, sebagai berikut.

II. Menghubungkan Blog Di Google Tag Manager :
Dibagian ini cara menghubungkan blog atau situs ke google tag manager, maka untuk sobat ikuti dan pelajari yang akan saya berikan penjelasanya dan langkah-langkahnya sobatku semuanya.
Menghubungkan Blog Di Google Tag Manager
Keterangan :
  1. Pengelola Tag > Admin
  2. Nama akun sobat
  3. Alamat URL situs / blog sobat
  4. Kode google tag manager
  5. Pilih Install Google Tag Manger
Selanjutnya, setelah berada dibagian dari Install Google Tag Manager, sobat harus menyalin kode google tag manager milik sobat tersebut tepat dibagian <HEAD> dan <BODY> di Edit HTML milik sobat tersebut.
Install Google Tag Manager Di Blog
Keterangan Install Google Tag Manager :
  1. Kode google tag manager harus sobat salin dan tempelkan tepat dibagian kode tag kondisional tepat dibawahnya kode tag <HEAD> di blog sobat
  2. Kode google tag manager harus sobat salin dan tempelkan tepat dibagian kode tag kondisional tepat dibawahnya kode tag <BODY> di blog sobat
Setelah sobat mendapatkan kode google tag manager milik sobat, selanjutnya salin dulu ke Notepad dan selanjutnya, dari notepad, tinggal sobat tempelkan tepat dibagian <head> dan juga <body> pada blog sobat, untuk lebih jelas, seperti berikut.
Meletakkan / Menempelkan Kode Google Tag Manager dibagian <HEAD> pada blog
Meletakkan / Menempelkan Kode Google Tag Manager dibagian <HEAD> pada blog
Catatan :
Jika sobat setelah menempelkan kode google tag manager kebagian <head> dan terjadi error alias tidak dapat disimpan, sobat terlebih dahulu melakukan parse HTML di kode google tag manager sobat, setelah selesai diparse kode tag manager sobat, lalu tempelkan kembali kebawahnya <head> lalu simpan, sama halnya dengan kode google tag manager yang akan ditempelkan tepat dibawahnya <body>, lakukan juga parse kode tersebut ya sobatku semuanya.
Meletakkan / Menempelkan Kode Tag Manager Kebagian <BODY> pada blog
Meletakkan / Menempelkan Kode Tag Manager Kebagian <BODY> pada blog
Setelah sobat telah berhasil untuk menempelkan kode google tag manager ke blog, selanjutnya untuk memasikan bahwa sudah terhubung, sobat tinggal kirim saja ya sobatku, dan selanjutnya sobat tinggal untuk menghubungkan antara google tag manager dengan google search console, bagaimana caranya ? yuk di ikuti dan pelajari lebih lanjut ya sobat, untuk mempermudah sobat mempelajarinya, saya akan memberikan gambar dan keterangan beserta langkah-langkahnya, sebagai berikut.

III. Menghubungkan Google Tag Manager Dengan Google Search Console :
Tepat dibagian ini, saya akan menjelaskan dan memberikan bagaimana cara untuk menghubungkan google seacrh console dengan google tag manager, beserta gambar dan juga keterangan maupun langkah-langkahnya, agar sobat dapat mempelajari dan mempraktekkannya dengan mudah pada blog sobat, untuk sobat, silahkan simak baik-baik yah sobatku semuanya.
  • Pertama-tama sobat login terlebih dahulu ke google search console
  • Masuk ke halaman utama google search console milik sobat
Menghubungkan Google Tag Manager Dengan Google Search Console
Keterangan :
  1. Pilih Settings / Pengaturan di google search console
  2. Lanjut Sobat pilih lagi settings > verifikasi kepemilikan
  3. Jika sobat sudah melakukan verifikasi dan berhasil maka sobat akan melihat ceklis warna HIJAU menandakan bahwa google search console dan google tag manager sudah berhasil terhubung dengan baik
Nah, sampai ditahap ini sobat sudah berhasil untuk menghubungkan blog dan juga google search console dan google tag manager dengan mudah.

Bagaimana sobat ku semuanya ? ternyata cukup mudah bukan untuk tutorial dan langkah-langkah yang saya jelaskan diatas yang sudah saya rangkum beserta penjelasan dan juga keterangan beserta gambar diatas.

Demikianlah untuk artikel kali ini dapat saya tuliskan pada pembahasan mengenai topik pembahasan saya yaitu Cara Daftar Blog Di Google Tag Manager, selanjutnya sobat akan mudah untuk menghubungkan blog dengan google search console dan juga google tag manager dengan mudah, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya sobatku semuanya, sekian dan terimakasih.

Post a Comment