6 Cara Cek Backlink Kompetitor, Gratis Tanpa Modal!

Daftar isi [Tampil]
6 Cara Cek Backlink Kompetitor, Gratis Tanpa Modal!

Anda mungkin tahu bahwa backlink adalah salah satu faktor peringkat terpenting untuk SEO. Setelah Anda membangun situs Anda dan mendapatkan lalu lintas, Anda ingin mulai berkembang di luar mesin pencari.

Salah satu caranya adalah dengan memeriksa pesaing Anda dan melihat apa yang mereka lakukan dengan baik (atau tidak begitu baik). Saya akan menunjukkan cara melakukannya dalam beberapa menit!.

1. Identifikasi Kata Kunci Utama Anda

Jika Anda tertarik untuk mengetahui pesaing mana yang Anda lawan, Anda harus memahami cara mereka bersaing.

Jika Anda ingin naik peringkat mesin pencari, kata kunci target sangat penting untuk strategi SEO yang efektif. Pesaing utama Anda adalah mereka yang memiliki profil backlink yang mirip dengan Anda.

Untuk menemukan pesaing langsung Anda harus mengetahui setiap kata kunci target yang berkontribusi pada efektivitas mesin pencari Anda.

Meskipun Anda mungkin akrab dengan kata kunci yang Anda masukkan dalam rencana SEO, disarankan untuk menggunakan alat analisis kata kunci untuk menentukan kata kunci lain apa yang paling menonjol di situs Anda.

Manfaatkan alat seperti Ubersuggest, Spyfu atau Morningscore untuk melakukan analisis kata kunci di situs Anda.

Mari kita (salah satu) program Neil Patel, Ubersuggest, untuk contoh ini:

Backlink Userpio

Cukup ketik situs web Anda dan alat kata kunci memberi Anda daftar kata kunci teratas, serta posisi dan volume pencariannya.

Catat kata kunci yang paling efektif, karena di sinilah Anda harus memulai. Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur dengan memindahkan artikel dari posisi ke-9 ke posisi ke-2, alih-alih berpindah dari posisi ke-30 ke posisi ke-20.

Manfaatkan kata kunci ini untuk menemukan ide dari mana harus memulai. Alat seperti Keywordtool.io, Ask The Public bersama dengan Google Keyword Planner dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang serupa. Ini dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi pesaing.

2. Identifikasi Pesaing Utama Anda

Anda sekarang harus mengidentifikasi pesaing utama Anda. Mereka adalah pesaing paling sukses yang menantang Anda di Google untuk kata kunci yang ingin Anda rangking.

Mulailah dengan melakukan pencarian 'terkait dengan' di Google.

Ini akan mencantumkan situs web dengan subjek yang terkait dengan Anda.

Masukkan informasi ini ke dalam kotak pencarian Anda:

terkait dengan: [URL Anda[situs web URL Anda .]

Situs web yang dikembalikan oleh pencarian terkait mencakup pesaing tingkat domain Anda.

Metode lain untuk mengidentifikasi pesaing khusus domain adalah dengan menggunakan Spyfu:

Jika Anda memasukkan situs web Anda ke Spyfy dan kemudian klik pada tab yang disebut "Pesaing di sebelah kiri, Anda akan disajikan daftar situs web yang mirip dengan milik Anda.

Perangkat lunak SEO-nya akan memberi tahu Anda berapa banyak kesamaan dari situs web ini dengan milik Anda, dan jumlah kata kunci yang Anda bagikan.

Kemudian, lakukan pencarian kata kunci untuk setiap kata kunci yang ingin Anda targetkan.

Catat halaman teratas yang bersaing di setiap halaman web hasil mesin pencari (SERP).

Sangat mudah untuk melihat bahwa beberapa situs web muncul berulang kali. Tambahkan mereka ke daftar pesaing di tingkat domain.

Pesaing tingkat laman hanya dapat menentukan peringkat untuk beberapa kata kunci fokus , tetapi keduanya sama pentingnya.

Awas. Hindari pencarian yang dipersonalisasi.

Pencarian yang disesuaikan dapat mempengaruhi hasil yang Anda dapatkan di setiap SERP karena mereka akan menampilkan hasil yang didasarkan pada pencarian Anda. Hasil yang Anda telusuri kemungkinan besar terkait dengan konten situs web Anda sehingga Anda akan melihat hasil yang berbeda dari pengguna biasa.

Untuk menghentikan pencarian yang disesuaikan, Anda harus mengubah alamat hasil pencarian Anda.

Cari URL SERP ini untuk contoh kueri "contoh kueri


Kode 'pws' adalah kode yang digunakan untuk menunjukkan personalisasi. Ubah angka berikut "pws=" menjadi nol, sehingga tertulis "pws=0".

3. Menilai Pesaing Tingkat Domain dengan menggunakan Alat Pemeriksa Tautan Balik

Pemeriksa backlink dapat memungkinkan Anda untuk memeriksa domain yang terhubung ke pesaing tingkat domain Anda.

Karena mereka adalah pesaing utama Anda, Anda pasti ingin mengetahui situs web mereka yang mana yang paling efektif, lalu menyalin yang terbaik.


Meskipun banyak alat seperti Ahrefs dan SEMRush dapat berguna, Anda harus membayar untuk mengakses alat analisis backlink mereka.

Meskipun Moz Link Explorer memang memiliki opsi untuk pengguna premium, ini memungkinkan Anda untuk mempelajari backlink teratas pesaing Anda tanpa biaya. 

Karena Anda hanya fokus pada backlink yang memiliki kinerja tertinggi dan paling efektif, alat analisis backlink ini adalah cara terbaik untuk memulai.

Berikut cara melakukan analisis kompetitor di level domain menggunakan Moz Link Explorer:

Buka Alat Analisis Tautan, dan pastikan Anda memilih "domain root" untuk memastikan Anda menelusuri seluruh situs web. Masukkan situs web masing-masing pesaing satu per satu.

Klik nomor yang bertuliskan "Linking Domains". Ini akan menampilkan semua domain unik yang terhubung ke situs web pesaing Anda.

Dalam daftar domain tertaut, dimungkinkan untuk menemukan tingkat otoritas domain untuk setiap situs web. Situs web yang memiliki otoritas domain yang baik dapat membuat tautan masuk yang sangat baik untuk dirujuk karena Google menganggap situs ini relevan, berguna, dan dapat diandalkan.

Pastikan domain tertaut tidak bebas spam. Situs web dengan skor spam yang tinggi dapat menggunakan fitur yang tidak disetujui oleh Google. Ini mengurangi efisiensi yang dimiliki tautan.

Misalnya, Entrepreneur.com adalah backlink yang lebih baik daripada feedburner.com. Meskipun domain feedburner memiliki otoritas yang tiga kali lebih tinggi dari otoritas domain feedburner, feedburner memiliki skor spam terendah, yaitu 50.

Anda harus menentukan situs-situs yang backlink ke pesaing Anda. Metode paling efisien untuk melakukannya adalah mengekspor data Anda ke file CVS, lalu menambahkan semuanya ke dalam spreadsheet, dan mengidentifikasi entri duplikat.

Klik panah unduh untuk melihat konten yang terhubung dengan pesaing Anda. Ini dapat memberikan indikasi tentang jenis konten apa yang ditautkan oleh perujuk.

Proses ini perlu diulang untuk setiap domain yang bersaing.

Anda juga dapat menguji alat Neil Patel:

Alat ini juga menunjukkan teks jangkar tautan. Ini dapat memberi pengguna wawasan tentang kata-kata kunci yang digunakan pesaing Anda untuk mendapatkan tautan balik eksternal.

4. Periksa Pesaing Tingkat Halaman menggunakan Alat Analisis Tautan Balik

Meskipun pesaing tingkat halaman tidak bersaing dengan situs web Anda karena semua tingkat, mereka dapat dalam setiap posting dapat membuat Anda kehilangan posisi teratas dan meraih 90% lalu lintas organik.

Ubersuggest Neil Patel adalah salah satu alat backlink gratis berkualitas tinggi untuk menganalisis bagaimana profil tautan Anda dibandingkan dengan pesaing halaman.

Berikut Cara Cek Backlink Kompetitor Anda di halaman melalui Ubersuggest.

Buka alat Kata Kunci Ubersuggest dan kemudian cari situs Anda. Ini akan menunjukkan istilah teratas untuk situs Anda.

Jika Anda mengklik frase kunci dan mengklik kata kunci target, tabel yang muncul di sebelah kanan akan menunjukkan situs web yang paling kompetitif untuk kata kunci tersebut.

Anda dapat menentukan pesaing di tingkat halaman karena ini adalah situs yang biasanya tidak bersaing dengan pasar yang sama atau menyediakan produk yang sama.

Pada tabel backlink kompetitor Klik angka jingga pada kolom link untuk mempelajari backlink setiap artikel, satu per satu.

Mari kita lihat laporan McKinsey, sebagai contoh:

Jika Anda mengklik tautan tautan, Anda diarahkan ke daftar tautan balik.

Anda dapat memfilter backlink berdasarkan otoritas domain untuk menemukan halaman paling populer. Sebagai alternatif, urutkan hasil menurut kolom yang bertuliskan "terakhir terlihat" untuk menentukan halaman mana yang merujuk ke pengunjung paling akhir.

Temukan area yang manis. Situs web ini memiliki skor tinggi pada otoritas domain dan mereka baru-baru ini merujuk pengunjung.

Simpan CVS Anda untuk setiap artikel , dan tempatkan hasilnya ke dalam spreadsheet excel.

Ulangi seluruh prosedur untuk setiap halaman yang bersaing dan periksa hasilnya untuk melihat halaman yang dirujuk berulang kali.

5. Analisis Kata Kunci Semantik Mirip

Setelah Anda meninjau kata kunci yang paling populer dan Anda siap untuk menggali kata kunci yang terkait secara semantik. Karena beberapa pesaing Anda mungkin memiliki pendekatan SEO yang berbeda dengan Anda, itulah sebabnya mereka tidak akan ditemukan saat Anda mencari frasa kunci teratas Anda.

Manfaatkan alat SEO serupa di atas dan lakukan pencarian pada kata kunci teratas. Ini akan mengungkapkan halaman paling populer menggunakan kata kunci yang terkait secara semantik.

Pergi ke backlink di halaman ini. Ekspor data backlink artikel ini untuk mendapatkan analisis backlink yang lebih detail.

6. Tentukan Situs Perujuk Teratas

Setelah Anda mengumpulkan semua informasi Anda, saatnya untuk melakukan analisis backlink mendalam untuk mengidentifikasi domain yang paling berharga untuk dirujuk.

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda harus mencari situs yang memiliki skor otoritas domain yang sangat baik, serta halaman dengan skor otoritas tinggi.


Skor otoritas domain, juga dikenal sebagai skor otoritas halaman, menunjukkan kemungkinan peringkatnya tinggi di Google. Pengunjung lebih cenderung mengunjungi situs web dan halaman yang berperingkat tinggi di Google dan ini berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak klik.

Waspadalah terhadap situs web yang memiliki skor tinggi untuk spam. Situs web dan halaman ini tidak memiliki hubungan yang baik dengan Google dan tidak akan mendapatkan peringkat setinggi itu.

Cari situs web yang memiliki referensi terbaru dari pengunjung. Jika sebuah website pernah menjadi sumber backlink yang populer, bukan berarti masih relevan saat ini.

Blog serta produk dan pemimpin pemikiran menjadi ketinggalan zaman, dan pengikutnya berkurang. Akibatnya mereka kehilangan link referral mereka dan tidak efektif. Temukan Backlink yang telah dibuat dan tersedia saat ini.

Cari backlink di situs web yang memiliki banyak lalu lintas organik. Semakin banyak orang yang mengunjungi situs web dan semakin tinggi kemungkinan pengguna akan mengunjungi backlink Anda.

Juga, pertimbangkan perujuk terkemuka di bidang Anda. Pesaing Anda menargetkan pasar yang sama karena Anda akan memiliki tautan balik di situs web yang serupa dengan yang ada di industri Anda.

Lebih mudah untuk menemukan duplikat jika Anda memasukkan semua informasi backlink dalam spreadsheet dan mengurutkannya menggunakan A-Z.

Jika Anda mengembangkan berbagai spreadsheet untuk setiap kata kunci, Anda akan mulai menemukan orang paling populer yang merujuk ke setiap subjek yang Anda liput.

Kesimpulan

Mengidentifikasi kata kunci utama dan pesaing utama Anda adalah tempat yang bagus untuk memulai. Dari sana, Anda dapat menganalisis persaingan tingkat domain dengan alat pemeriksa backlink, persaingan tingkat halaman dengan alat analisis, dan kata-kata yang mirip secara semantik dengan alat seperti Alat Kata Kunci Google atau SEMrush. 

Setelah Anda memiliki semua informasi ini di ujung jari Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan situs perujuk teratas serta halaman yang mungkin memerlukan lebih banyak pengoptimalan. 

Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang Cara Cek Backlink Kompetitor di posting blog saya yang lain tentang tips SEO di sini!.

Post a Comment