3 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Pembaca

Daftar isi [Tampil]
3 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Pembaca

Ada banyak cara membuat artikel yang menarik, tetapi berikut adalah beberapa yang akan membantu Anda memulai.

Pertama dan terpenting, penting untuk menulis artikel yang menarik dengan cara yang melibatkan pembaca. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan anekdot pribadi atau berbagi sesuatu yang baru dan inovatif.

Taktik lain adalah untuk menekankan bagaimana artikel ini akan bermanfaat bagi pembaca baik melalui hiburan atau informasi yang dapat mereka gunakan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Terakhir, tambahkan sedikit humor ke dalam tulisan Anda! Anda akan menemukan bahwa orang-orang merespons lebih positif ketika ada nada ringan dalam pekerjaan Anda.

Berikut adalah 3 cara membuat artikel yang menarik untuk pembaca versi nomer siji.

1. Merencanakan Topik Anda

Lakukan penelitian Anda

Riset adalah langkah awal dalam menulis artikel. Anda perlu meneliti topik Anda, apakah Anda telah diberikan atau dipilih.

Jenis artikel yang Anda tulis akan menentukan penelitian yang Anda lakukan. Misalnya, artikel berita akan mengharuskan Anda untuk mewawancarai orang-orang yang terkait dengan topik Anda. Anda mungkin dapat melakukan riset online jika Anda menulis tentang tren kebugaran.

Penelitian hanya boleh dilakukan dari sumber yang dapat dipercaya. Penelitian harus dilakukan dengan menggunakan artikel akademis, buku yang diterbitkan, atau situs web yang dikelola oleh organisasi yang dihormati. Hindari forum, blog pribadi, dan materi promosi apa pun.

Menulis dan meneliti akan lebih mudah jika Anda terus mengikuti berita dan tren industri terbaru. Ini akan membantu Anda lebih peka terhadap kebutuhan pembaca Anda saat memilih topik berikutnya.

Selalu Ingat Audiens Anda

Sangat penting untuk memikirkan audiens ketika Anda merencanakan sebuah artikel. Langkah ini sangat penting. Audiens Anda akan memutuskan pertanyaan apa yang Anda jawab dan bahasa apa yang Anda gunakan untuk menjawabnya.

Pertimbangkan berapa banyak informasi yang sudah diketahui audiens Anda tentang subjek tersebut. Anda perlu membimbing mereka melalui langkah-langkah dan memberikan banyak informasi latar belakang jika presentasi Anda ditujukan untuk pemula.

Anda perlu memberikan analisis yang lebih dalam dan mungkin menggunakan jargon industri jika ditujukan untuk orang-orang yang lebih berpengetahuan dalam subjek tersebut.

Mengetahui audiens Anda akan membantu Anda memastikan tulisan Anda memiliki tujuan. Dengan setiap artikel, cobalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi audiens Anda.

Ajukan Pertanyaan yang Menarik

Sangat mudah untuk berpikir bahwa topik yang membosankan tidak mungkin untuk ditulis. Jika Anda mengajukan pertanyaan yang tepat, ada banyak cara membuat artikel yang menarik untuk mendekati topik apa pun.

Luangkan waktu untuk brainstorming pertanyaan tentang topik Anda. Jika topik Anda adalah badai petir, Anda mungkin tertarik dengan tempat-tempat yang paling rentan terhadap badai petir dan mengapa tempat-tempat tertentu lebih terpengaruh olehnya daripada yang lain. Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai artikel Anda.

Anda harus memastikan bahwa pertanyaan yang Anda ajukan relevan dengan orang lain, dan bukan hanya diri Anda sendiri.

Untuk mengetahui apa yang ditanyakan orang lain tentang topik Anda di media sosial dan forum, ketikkan kata kunci Anda ke mesin pencari. Orang akan membaca artikel Anda jika mereka tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Perbarui Informasi

Sangat penting bahwa artikel Anda unik untuk cara membuat artikel yang menarik.

Sekalipun topik Anda terkenal, tetap penting untuk meneliti publikasi lain tentang topik tersebut. Akan kurang menarik jika Anda mengulang informasi dari artikel lain, meskipun itu bukan niat Anda.

Anda dapat melihat topik yang sudah dibahas oleh orang lain jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu yang benar-benar baru. Temukan pertanyaan atau sudut pandang yang belum tercakup dalam artikel lain dan jadikan itu sebagai fokus utama artikel Anda.

2. Menulis Konten yang Menarik

Gunakan Suara yang Menarik

Suara artikel Anda akan bergantung pada banyak faktor. Ini termasuk topik Anda dan apakah Anda menulis untuk sebuah perusahaan atau tidak. Apa pun jenis artikel yang Anda tulis, penting untuk menggunakan suara ramah yang terdengar manusiawi dan bukan robot.

Sebuah perusahaan mungkin memiliki panduan tertulis yang akan menguraikan nada suara yang mereka sukai untuk artikel Anda. Tanyakan kepada editor atau supervisor Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang suara yang sesuai untuk artikel Anda.

Meskipun tidak cocok untuk semua artikel, kata ganti orang pertama "saya", "saya", atau "saya" dapat membuat tulisan Anda lebih pribadi.

Bahkan jika Anda menulis untuk seluruh perusahaan, yang terbaik adalah menghindari penggunaan kata ganti orang pertama jamak "kami", "milik kami", atau "kami". Ini bukan sebagai pribadi.

Ekspresikan emosi dan pendapat Anda jika sesuai dengan artikel. Ini akan membuat tulisan Anda lebih otentik dan dihargai oleh pembaca.

Anda dapat menceritakan lelucon, atau membuat referensi ke suatu acara jika sesuai dengan industri Anda. Ini akan membuat pembaca Anda merasa terhubung dengan Anda.

Jawab Semua Pertanyaan

Penulis harus mempertimbangkan apakah mereka telah menjawab semua pertanyaan utama. Sepotong yang meninggalkan satu atau lebih dari pertanyaan yang belum terjawab ini tidak akan lengkap.

Mungkin berguna untuk membuat garis besar yang membantu Anda melacak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Tidak masalah jika Anda melakukan ini, tetapi penting untuk memastikan bahwa setiap pertanyaan telah dijawab secara rinci selama pengeditan.

Ketahuilah bahwa pertanyaan tertentu mungkin memerlukan lebih banyak penjelasan daripada yang lain tergantung pada topiknya. Jika Anda menulis artikel tentang memasak, misalnya, Anda mungkin akan mencurahkan lebih banyak ruang untuk menjelaskan cara membuat makanan dan bahan-bahan yang diperlukan.

Tunjukkan, Jangan Beri Tahu

Tulislah sedemikian rupa sehingga pembaca dapat mengambil kesimpulan sendiri. Ini cara membuat artikel yang menarik. Ini akan membuat pembaca merasa seperti berada dalam situasi yang sama dengan Anda.

Jika Anda menulis artikel tentang tujuan favorit Anda, daripada hanya menyatakan bahwa itu indah, gambarkan pasir putih dan air biru yang berkilauan.

Teknik ini lebih baik untuk topik tertentu daripada yang lain. Artikel teknis, misalnya, mungkin membutuhkan lebih banyak pertunjukan daripada menceritakan.

Ceritakan Sebuah Cerita Kepada Pembaca

Cerita yang bagus adalah favorit pembaca. Untuk cara membuat artikel yang menarik, bahkan jika Anda tidak tahu bagaimana menceritakan keseluruhan cerita, ada teknik mendongeng yang bisa Anda gunakan.

Cerita Anda dapat ditingkatkan dengan memberi bayangan. Anda dapat memberikan petunjuk kepada pembaca tentang isi artikel Anda dalam judul dan kalimat pembuka.

Jika Anda menulis artikel tentang pembukaan bisnis di daerah Anda, Anda dapat mengatakan sesuatu seperti "Pemiliknya tidak pernah menyangka dia akan menghadapi begitu banyak rintangan seperti yang dia alami."

Pembaca Anda akan lebih tertarik pada apa yang terjadi jika artikel Anda dimulai tepat pada tindakan.

Cerita Terbaik Penuh Dengan Konflik. Jika Anda menulis tentang gedung apartemen baru, jauh lebih menarik untuk memiliki pendapat dari kedua belah pihak daripada hanya menyatakan bahwa proyek tersebut terus berjalan.

Gunakan Statistik dan Contoh

Penting untuk menjadi sespesifik dan sejelas mungkin untuk membantu pembaca Anda memahami pentingnya apa yang telah Anda tulis. Penting untuk memberikan contoh konkret dan data keras kapan pun Anda bisa untuk mendukung tulisan Anda.

Jika Anda menulis artikel tentang prevalensi suatu penyakit, akan sangat membantu untuk memasukkan angka-angka seperti jumlah orang yang telah terinfeksi, tingkat kematian mereka dan bagaimana mereka berubah dari waktu ke waktu.

Bahkan jika artikel Anda tidak cocok untuk statistik, Anda masih dapat melibatkan pembaca dengan memberikan contoh spesifik tentang efek dari situasi tertentu.

Jika Anda menulis artikel tentang pelatihan anjing, Anda dapat memasukkan informasi tentang perilaku yang tidak diinginkan pada anjing yang belum dilatih.

3. Membuat Artikel Anda Ramah Pembaca

Buat Judul yang Menarik

Tidak peduli apakah artikel Anda diterbitkan secara online, atau dalam format cetak, judul artikel Anda akan menentukan apakah pembaca ingin membacanya atau tidak. Judul yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk membuat orang membaca artikel tersebut.

Itu harus konsisten dengan isi artikel Anda. Ini tidak akan dihargai oleh pembaca jika mereka mulai membaca artikel Anda berpikir itu tentang satu subjek, tetapi ternyata itu tentang yang lain.

Harus mudah dipahami dan tidak membingungkan. Hindari membingungkan pembaca dengan kata-kata yang mungkin memiliki banyak arti. Judul Anda tidak akan dipahami oleh pembaca jika memiliki banyak arti.

Menjelaskan Dengan Spesifik

Alih-alih "Cara Mendekorasi Kamar", tulis "Cara Mendekorasi Ruang Tamu Anda seperti Seorang Profesional seharga $200."

Jangan membanjiri pembaca dengan terlalu banyak kata. Membaca blok teks yang panjang bukanlah sesuatu yang disukai pembaca. Pastikan Anda memecah teks agar lebih mudah dikelola. Ingatlah bahwa sebagian besar pembaca akan membaca paragraf daripada membaca sekilas.

Sebagian besar pembaca menganggap daftar berpoin atau daftar bernomor mudah dimengerti. Anda juga dapat memecah artikel menjadi beberapa bagian dengan subtitle jika Anda tidak dapat membuat daftar.

Anda ingin pembaca dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat. Ini bisa berarti menebalkan informasi penting atau memastikan subtitle Anda tepat.

Panjang Kata yang Disesuaikan

Tidak ada aturan yang akan menentukan panjang artikel Anda. Namun, itu harus cukup untuk menyampaikan semua fakta penting dan tidak terlalu pendek untuk membuat penonton bosan.

Pertimbangkan siapa pembaca Anda dan berapa banyak informasi yang mereka inginkan. Pertimbangkan juga di mana artikel akan diterbitkan.

Anda harus memastikan bahwa Anda telah membahas topik secara rinci. Artikel Anda mungkin terlalu pendek jika Anda meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab.

Anda tidak boleh mengulangi diri sendiri atau menulis kalimat yang tidak menambah nilai apa pun pada artikel Anda. Anda perlu mengurangi jumlah pengulangan.

Harus Jelas dan Ringkas

Artikel Anda harus mudah dibaca oleh pembaca Anda. Gunakan bahasa yang sederhana dan kalimat yang ringkas untuk mencapai hal ini. Anda tidak harus deskriptif. Namun, Anda tidak boleh mengorbankan kejelasan untuk bahasa yang berbunga-bunga.

Pastikan untuk menjadi sespesifik mungkin. Berbicara secara umum dapat menyebabkan kebingungan. Bila memungkinkan, akan sangat membantu untuk memberikan contoh dan deskripsi.

Alih-alih mengatakan "Ada banyak burung di daerah ini," tulislah sesuatu seperti "Pengamat burung mengunjungi daerah ini untuk melihat banyak spesies burung yang hidup di sana, termasuk blue jay dan kardinal."

Waspadai kata-kata yang tidak menambahkan informasi apa pun pada tulisan Anda dan hilangkan. Jika Anda menulis "Orang-orang menyukai tempat ini karena menawarkan begitu banyak", Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi "Orang-orang menyukainya karena menawarkan begitu banyak" tanpa mengubah artinya.

Cara membuat artikel yang menarik, jangan gunakan kata-kata mewah atau kalimat yang panjang. Jenis bahasa ini dapat mempersulit penulisan, jadi gunakan kata-kata yang lebih sederhana jika Anda tidak yakin.

Saat memutuskan seberapa rumit bahasa Anda, sebaiknya pikirkan pembaca. Tulis setidaknya tingkat kelas 9 jika Anda menulis untuk khalayak umum.

Tulis untuk audiens yang lebih spesifik dan sesuaikan tulisan Anda. Anda dapat menyesuaikan kerumitan tulisan Anda jika Anda menulis untuk audiens yang lebih khusus.

Pertimbangkan untuk Menambahkan Media Lain

Menulis artikel yang menyertakan lebih dari sekadar teks jauh lebih populer di kalangan pembaca. Anda dapat menyertakan gambar dan grafik dalam menulis artikel Anda.

Media tambahan harus digunakan untuk menyempurnakan artikel yang menarik dan membuatnya lebih mudah untuk memahami apa yang Anda presentasikan. Pastikan bahwa mereka relevan dan jelas.

Sertakan foto untuk membantu pembaca memahami apa yang Anda bicarakan.

Untuk mengilustrasikan angka saat Anda berbicara, tambahkan grafik atau bagan. Ini akan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Video juga sangat berguna bagi orang-orang, jadi sertakan satu di artikel yang menarik Anda jika relevan.

Cek Ulang Kembali Tulisan Anda

Apapun jenis tulisan yang Anda buat, sebaiknya Anda terlebih dahulu membuat draf karya Anda, lalu mengedit dan akhirnya menulis draf akhir.

Akan sangat membantu bagi sebagian orang untuk membuat kerangka sebelum menulis draft pertama mereka. Tidak masalah proses apa yang Anda sukai, selama itu benar dalam tata bahasa, ejaan, gaya, dan area lainnya.

Untuk draf pertama mereka, beberapa orang merasa lebih mudah untuk menulis dan tidak khawatir tentang tata bahasa atau ejaan. Selama Anda mengedit draf Anda secara menyeluruh dan memperbaiki kesalahan, tidak apa-apa.

Anda akan menemukan kesalahan ketik dan kata-kata yang disalahgunakan lainnya lebih mudah jika Anda membaca perlahan.

Setiap kalimat yang terlalu panjang atau rumit harus dihindari. Ini kemungkinan akan terdengar membingungkan bagi audiens Anda jika itu membingungkan Anda.

Sebaiknya minta orang lain meninjau pekerjaan Anda dan memberikan umpan balik. Jauh lebih mudah bagi orang lain untuk menemukan bahasa yang membingungkan daripada Anda sendiri.

Setelah Anda mengedit sendiri atau meminta orang lain mengedit karya Anda, Anda dapat menulis draf akhir Anda. buatlah Anda menjualnya mengeditnya sekali lagi sebelum Anda mengirimkannya.

Kesimpulan

Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca adalah salah satu tantangan tersulit yang dihadapi penulis.

Kami telah mengumpulkan beberapa kiat untuk membantu Anda tetap pada topik dan membuat konten cara membuat artikel yang menarik bagi audiens Anda.

Langkah pertama dalam menciptakan karya yang sukses adalah memulai dengan ide yang bagus, merencanakan apa yang ingin Anda liput, dan kemudian menguraikan semuanya sebelum menuliskan apa pun.

Garis besar bisa sesederhana atau serumit yang Anda inginkan; pastikan bahwa setiap poin telah dipikirkan dengan matang sehingga tidak ada celah saat Anda memulai.

Selanjutnya, pertimbangkan berapa banyak poin yang akan bekerja sama dengan baik di ruang yang diberikan oleh batasan jumlah kata (kami sarankan sekitar lima). Akhirnya, luangkan waktu sambil mempersiapkan setiap poin untuk memikirkan mengapa detail khusus ini.

Post a Comment